TEKS BERJALAN

SELAMAT DATANG DI BLOG TUBAGUS AJI PERMANA

Sunday, March 29, 2015

[Tuttorial] Menggunakan rumus VLOOKUP beda SHEET pada Microsoft Excel

Assalamualaikum Wr.Wb
Saya akan menjelaskan Langkah - Langkah bagaimana cara menggunakan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel.
Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dalam Microsoft Excel berguna untuk membaca suatu tabel, lalu mengambil nilai yang diinginkan pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu.
Cara Penulisan:
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)

1. Buat Tabel Referensi di lembar pertama, yang sudah terisi data yang sudah ditentukan.


2. Buat Tabel Tujuan di lembar kedua, yang sudah terisi data namun kolom NAMA, STOCK BARANG dan PRODUSEN dikosongkan untuk diisi rumus VLOOKUP.


3. Pada Lembar Tujuan Klik kolom C5, karena C5 yang akan dimasukan rumus dan nantinya akan diisi data dari rumus tersebut untuk kolom NAMA.
Masukan Rumus =VLOOKUP(B5,’Referensi Utama’!
$B$5:$C$14,2)

PENJELASAN RUMUS : =VLOOKUP(B5,’Referensi Utama’! $B$5:$C$14,2)
=VLOOKUP : Rumus yang digunakan untuk membaca suatu tabel yang berfungsi mengambil nilai pada tabel tersebut dengan sel tertentu. Rumus VLOOKUP digunakan jika tabel tersusun secara Vertikal. 
(B5, : Nilai atau sel referensi yang dijadikan kunci dalam pencarian data, pada gambar diatas menggunakan B5 karena kunci datanya adalah 001.
‘Referensi Utama’! : Lembar yang bernama Referensi Utama, digunakan karena data atau nilai ada pada lembar tersebut.
$B$5:$C$14, : Tabel atau Range yang menyimpan data yang ingin dicari. Range pada gambar diatas adalah B5:C14 dan harus menggunakan $ (string).
2) : Nomor kolom yang ingin diambil nilainya, pada gambar diatas menggunakan 2 karena 2 adalah kolom yang berisi data pada lembar Referensi Utama dan nantinya akan diisi ke kolom Nama pada lembar Tujuan.

4. Setelah kolom NAMA sudah terisi semua, sekarang mengisi kolom STOCK WARNA, Pada Lembar Tujuan Klik kolom E5, karena E5 yang akan dimasukan rumus dan nantinya akan diisi data dari rumus tersebut.
Masukan Rumus =VLOOKUP(D5,'Referensi Utama'!$D$5:$F$14,2)


PENJELASAN RUMUS : =VLOOKUP(D5,'Referensi Utama'!$D$5:$F$14,2)
(D5, : Nilai atau sel referensi yang dijadikan kunci dalam pencarian data, pada gambar diatas menggunakan D5 karena kunci datanya adalah 12.
$D$5:$F$14, : Tabel atau Range yang menyimpan data yang ingin dicari. Range pada gambar diatas adalah D5:F14 dan harus menggunakan $ (string).

5. Kolom STOCK WARNA sudah terisi, selanjutnya mengisi kolom PRODUSEN, Pada Lembar Tujuan Klik kolom F5, karena F5 yang akan dimasukan rumus dan nantinya akan diisi data dari rumus tersebut.
Masukan Rumus =VLOOKUP(D5,'Referensi Utama'!$D$5:$F$14,3)

PENJELASAN RUMUS : =VLOOKUP(D5,'Referensi Utama'!$D$5:$F$14,3)
3) : Nomor kolom yang ingin diambil nilainya, pada gambar diatas menggunakan 3, karena 3 adalah kolom yang berisi data pada lembar Referensi Utama dan nantinya akan diisi ke kolom Nama pada lembar Tujuan.

6. Setelah semua rumus sudah dimasukan dalam kolom kosong, maka selesai sudah tabel pada lembar Tujuan yang mengambil data dari lembar Referensi Utama.
Hasilnya pada gambar dibawah ini.



Untuk yang ingin DOWNLOAD filenya klik DISINI
Bingung cara downloadnya ? klik DISINI



Sekian, Semoga bermanfaat.
Terima Kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb


7 comments:

  1. Terima kasih atas sharingnya , akan lebih bermanfaat kalau contoh file excelnya bisa didownloaf

    ReplyDelete
  2. aku membuat add-in untuk vlookup formula maker, tinggal klik, formula otomatis jadi. silahkan dicoba, www.aremacracker.co/2016/04/download-vlookup-formula-maker-add-in.html

    ReplyDelete
  3. maaf boz, saya mau tanya kalo cell referensinya berisi data text bisa nggak ya? misalkan mencari data NIK dengan yang diketahui namanya

    ReplyDelete
  4. thanks mas bro . ijin sedot filenya

    ReplyDelete
  5. mau tanya kenapa saya tidak bisa download file nya?

    ReplyDelete