Assalamualaikum Wr.Wb
Postingan kali ini saya akan memberikan langkah - langkah cara menggunakan Mail Merge, buat kalian yang belum tau apa itu Mail Merge dan apa itu fungsi Mail Merge saya akan bahas terlebih dulu.
Pengertian Mail Merge adalah Sebuah aplikasi Surat Menyurat yang disediakan oleh Microsoft Word yang memudahkan penggunanya untuk membuat surat dengan format yang sama yang pasti lebih cepat dan simpel.
Langkah - Langkah cara membuat Mail Merge adalah berikut :
Langkah - Langkah cara membuat Mail Merge adalah berikut :
1. Pertama tama Siapkan data yang akan dibuat
untuk Mail Merge, disini saya akan membuat data berupa Nama, Kelas, NPM yang
dibuat pada Microsoft Excel Kemudian Save file tersebut.
2. Setelah itu, Buatlah Surat Pernyataan untuk
Mail Merge pada Microsoft Word, seperti pada gambar dibawah ini.
3. Lalu Setelah membuat format Surat pernyatan tersebut,
klik Mailings pada menu toolbar
– Start Mail Merge – Step by Step Mail Merge Wizard.
Setelah itu akan muncul menu Mail Merge sebelah kiri dan pilih Letters – Next Starting Document.
Setelah itu akan muncul menu Mail Merge sebelah kiri dan pilih Letters – Next Starting Document.
4. Lalu akan muncul Tampilan selanjutnya, pilih
Use the current Document klik Next Select Recipients
5. Langkah Kelima, Akan muncul lagi tampilan di menu Mail Merge.
Pilih Use an exiting list klik Browse, dan akan muncul menu Select Data Source, disitu kita memilih file excel yang sebelumnya sudah dibuat, klik Open lalu OK – OK – Next write your letter
5. Langkah Kelima, Akan muncul lagi tampilan di menu Mail Merge.
Pilih Use an exiting list klik Browse, dan akan muncul menu Select Data Source, disitu kita memilih file excel yang sebelumnya sudah dibuat, klik Open lalu OK – OK – Next write your letter
6. Langkah selanjutnya, Pada kolom sebelah
kanan Menu Mail Merge, klik more items (sebelumnya
arahkan kursor pada baris yang akan diisi) kemudian akan muncul kolom Insert
Merge Field pilih data sesuai yang kita arahkan klik insert, lakukan hal ini sesuai data,
jika sudah close dan klik Next Preview your letters
untuk melihat semua datanya bisa klik kanan atau kiri pada Recipient, setelah itu klik Next Complete the merge, jika ingin di cetak klik print
Untuk yang ingin DOWNLOAD filenya klik DISINI
Bingung cara downloadnya ? klik DISINI
Oke, sekian tutorial saya semoga bermanfaat untuk yang sudah membacanya.
Terima Kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb
No comments:
Post a Comment